* Backup dan Restore pada Ponsel Android - Backup dan Restore SMS *

Backup dan Restore SMS
Meski sekarang ini muncul berbagai macam teknologi pesan singkat yang canggih seperti BlackBerry Messenger dan Whatsapp, namun SMS tidak serta merta tergusur.

Pada kenyataannya masih tetap banyak pengguna ponsel yang memanfaatkan layanan SMS. Salah satu kelebihan SMS adalah tidak tergantung pada platform ponsel. Mau menggunakan merek apa pun, pasti bisa saling ber-SMS.

Seperti halnya kontak, SMS juga perlu di-backup. Apalagi jauh lebih sulit mendapatkan salinan suatu SMS bila hilang. Ini berbeda dengan misalnya kehilangan nomor kontak rekan Anda. Jika nomor kontak hilang, Anda bisa meminta kembali informasi ini ke rekan Anda via media lain seperti e-mail, Twitter, atau Facebook.

Untuk melakukan backup SMS, ada beberapa aplikasi Android yang bisa Anda manfaatkan. Salah satunya adalah SMS Backup & Restore (http://android.riteshsahu.com/apps/sms-backup-restore).

Anda bisa mencari aplikasi tersebut melalui Android Market atau mengunduhnya langsung dengan memindai QR Code yang terdapat pada situs di atas.

SMS Backup & Restore akan menyimpan SMS dalam format XML.

Antarmuka aplikasi ini memiliki 7 buah tombol, yaitu:

1. Backup: melakukan backup terhadap SMS. Peranti ini kemudian akan menanyakan nama file backup sebelum menyimpannya. Folder tempat penyimpanan adalah di /sdcard/SMSBackupRestore.

2. Restore: memilih file backup yang akan di-restore, lalu membuat SMS baru berdasarkan entri yang ditemukan di file backup tersebut.

3. View: melihat isi SMS yang di-backup.

4. Search: mencari suatu SMS berdasarkan kata kunci tertentu.

5. Delete Backups: menghapus file backup. Anda diminta untuk menentukan terlebih dahulu file mana yang akan dihapus.

6. Delete Messages: menghapus semua SMS yang ada di ponsel. Ini bermanfaat bila Anda hendak me-restore file backup.

7. Donate: bila Anda menyukai aplikasi ini, pengembang memohon kerelaan Anda untuk menyumbang demi kelangsungan pengembangannya. Sumbangan dilakukan melalui PayPal.

Proses backup dapat dilakukan dengan penjadwalan. Jadi Anda dapat menentukan kapan proses backup akan dilakukan dan diulang setiap rentang waktu tertentu. Anda juga dapat menentukan apakah backup dilakukan dengan menimpa file backup yang lama atau membuat file baru.

Untuk menjamin keamanan, peranti SMS Backup & Restore ini diperlengkapi dengan password. Backup juga dapat dilakukan terhadap percakapan tertentu saja dan dapat diberi imbuhan tanggal dengan format tertentu.

Peranti SMS Backup & Restore ini menyimpan hasil backup ke SD Card. Bagi orang tertentu hal tersebut mungkin dianggap masih kurang aman. Bagi Anda yang ingin lebih, ada peranti backup lain yang dapat digunakan, yaitu SMS Backup (http://www.appbrain.com/app/sms-backup/tv.studer.smssync).

SMS Backup akan melakukan backup SMS langsung ke Gmail dalam bentuk e-mail. Untuk dapat menggunakan peranti ini, feature IMAP di Gmail harus aktif. Besar kemungkinan feature ini sudah aktif saat Anda menggunakan Gmail, namun untuk memastikannya, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka Gmail Anda.

2. Klik tombol bergambar roda gigi yang terdapat di sudut kanan atas.

3. Pilih menu Mail Settings.

4. Masuk ke halaman Forwarding and POP/IMAP.

5. Aktifkan opsi Enable IMAP.

Setelah SMS Backup ter-install, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengisi username dan password ke akun Gmail. Setelah itu, tentukan apakah backup akan dilakukan secara otomatis atau tidak. Jika sudah, ketuk tombol Backup now.

SMS akan di-backup langsung ke Gmail dalam bentuk e-mail dan diberi label SMS. SMS tersusun dalam bentuk percakapan (conversation) layaknya e-mail. Kelemahan penggunaan SMS Backup adalah tidak dapat di-restore kembali ke ponsel.





( Sumber : http://www.infokomputer.com/software/backup-dan-restore-pada-ponsel-android/page-3 )