* Backup dan Restore pada Ponsel Android - Backup dan Restore Aplikasi *

Backup dan Restore Aplikasi
Ternyata bukan hanya data saja yang perlu di-backup, namun aplikasi juga. Ada beberapa alasan yang bisa dikemukakan mengapa backup aplikasi perlu dilakukan.

Yang pertama, Anda menyukai sebuah aplikasi dan berjalan dengan sangat baik di ponsel Android Anda, tetapi ternyata beberapa waktu kemudian pengembangnya tidak lagi mendukung aplikasi itu dan lebih parah lagi, ternyata pengembangnya bubar. Paket instalasi aplikasi tersebut kini tidak bisa lagi diperoleh di manapun.

Kedua, versi terbaru sebuah aplikasi ternyata malah memiliki kinerja yang buruk dibandingkan versi lama, padahal Anda sudah terlanjur meng-install versi lebih baru.

Mungkin cukup dua alasan tersebut untuk menunjukkan bahwa backup aplikasi ternyata juga penting. Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk melakukan backup dan restore aplikasi adalah App Backup & Restore. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Android Market.

Setelah proses instalasi selesai, App Backup & Restore akan melakukan pemindaian terhadap aplikasi yang ada di ponsel Android Anda dan membuat daftarnya. Setelah itu Anda tinggal memilih aplikasi yang hendak di-backup dan mengetuk tombol Backup Selected Apps.

Daftar aplikasi yang telah ter-backup akan ditampilkan pada tab Archive. Untuk melakukan restore, Anda tinggal membuka tab Archive tersebut, memilih aplikasi yang akan di-restore, kemudian mengetuk tombol Restore Selected Apps.

File aplikasi yang di-backup tersimpan pada folder App_Backup_Restore. Anda bisa menyalin isi file tersebut dan menyimpannya ke tempat lain, misalnya harddisk komputer.

Kelak ketika Anda membeli ponsel Android baru, Anda bisa menggunakan file backup tadi untuk meng-install kembali berbagai aplikasi di ponsel lama ke ponsel baru tanpa harus mengunduh ulang paket instalasinya.

Salah satu kelemahan dari aplikasi ini adalah ketidakmampuannya menyimpan konfigurasi aplikasi dan data. Jadi bila Anda melakukan restore aplikasi, konfigurasi aplikasi tersebut akan kembali ke nilai default.

Jika Anda ingin melakukan backup sekaligus dengan konfigurasi dan data, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama Titanium Backup. Aplikasi ini juga dapat diperoleh melalui Android Market.

Namun untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan proses root terhadap ponsel Android Anda. Penggunaan aplikasi ini tidak kami rekomendasikan kepada pemilik ponsel Android yang masih berada dalam masa garansi. Ini karena melakukan root terhadap ponsel Android berarti akan menghanguskan garansi.

Dengan menggunakan Titanium, Anda dapat memilih apakah aplikasi tersebut akan di-backup, dihapus (uninstall), atau dibekukan. Jika suatu aplikasi dibekukan, aplikasi tersebut tidak dihapus hanya saja  tidak dapat digunakan. Sudah tentu nantinya aplikasi bisa “dicairkan” kembali. Feature ini hanya dapat diterapkan pada Titanium versi berbayar.

Saat akan melakukan restore, tersedia juga pilihan apakah yang akan di-restore. Misalnya apakah hanya aplikasi saja, data saja, atau aplikasi dan datanya sekaligus. Anda juga bisa menghapus data yang ter-backup di dalam aplikasi Titanium.




( Sumber : http://www.infokomputer.com/software/backup-dan-restore-pada-ponsel-android/page-4 )