* Backup dan Restore pada Ponsel Android - Backup dan Restore Nomor Kontak *

Backup dan Restore Nomor Kontak

Sebenarnya melakukan backup nomor kontak di ponsel Android sangatlah mudah.

Ketika Anda hendak menambahkan nomor kontak baru, pilihlah opsi untuk menyimpannya ke Google. Dengan segera ponsel Anda akan melakukan sinkronisasi ke Gmail Contact Manager dan nomor kontak baru tersebut juga akan tersimpan di sana. Otomatis hal tersebut sudah merupakan backup, bukan?

Gmail Contact Manager bisa dibuka dengan membuka Gmail terlebih dahulu, lalu mengeklik tombol Mail yang berada di bawah logo Gmail. Lakukan hal ini hingga muncul sebuah menu. Pada menu tersebut, pilih Contacts.

Tetapi, lain cerita bila nomor kontak sudah terlanjur disimpan di kartu SIM, memori microSD, maupun di memori internal ponsel. Diperlukan trik khusus untuk melakukan backup.

Langkah awal untuk melakukan backup kontak adalah dengan mengekspornya ke microSD terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka daftar kontak di ponsel Android.

2. Ketuk menu dan pilih Import/Export.

3. Pilih Export to SD Card.

Sampai di sini, Anda mendapatkan sebuah file bernama 00001.vcf. File tersebut adalah daftar kontak yang dikumpulkan menjadi satu. File tersebut bisa Anda salin ke tempat lain, misalnya ke harddisk di komputer.

Bila karena suatu hal daftar kontak yang ada di ponsel Android mengalami masalah, Anda bisa mengimpor kembali file 00001.vcf tersebut ke Android Anda.

Jadi salin kembali file 00001.vcf tersebut ke SD Card di ponsel Android Anda, lalu lakukan kembali tiga langkah yang sudah ditulis di atas. Tentunya langkah terakhir bukan Export to SD Card, melainkan Import from SD Card.

Ponsel Android Anda kemudian akan mengekstrak informasi kontak yang ada di file 00001.vcf tersebut dan Anda bisa memilih apakah hasil impor akan disimpan di memori internal ponsel atau langsung ke Google.

File berformat VCF juga bisa langsung diimpor ke Gmail Contacts tanpa melalui perantaraan ponsel. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka Gmail Contacts.

2. Klik Import Contacts yang terdapat di kolom sebelah kiri, bagian bawah.

3. Klik tombol Choose File dan pilih file CSV yang akan diimpor.

4. Klik tombol Import.

Cara ini bermanfaat untuk menyalin kontak dari ponsel non-Android ke Gmail Contacts dan sinkronisasi ke ponsel Android dapat dilakukan belakangan.


Bagaimana sekarang bila file backup tersebut hendak disalin ke ponsel non-Android? Anda bisa memanfaatkan peranti Google Sync.

Lakukan instalasi Google Sync ke ponsel non-Android tersebut. Ponsel yang didukung adalah BlackBerry, iPhone, dan Nokia. Informasi mengenai apa itu Google Sync dan bagaimana cara instalasi ke ponsel non-Android bisa dilihat di http://www.google.com/mobile/sync/.

Setelah Google Sync ter-install di ponsel non-Android, sekarang informasi kontak di ponsel-ponsel tersebut bisa disinkronisasi dengan Gmail Contact Manager.

Jadi, sekarang setiap menyimpan kontak baru atau memutakhirkan informasi kontak di ponsel Android (sepanjang langsung disimpan di Gmail Contacts), otomatis kontak di ponsel lain juga terbahari. Demikian pula sebaliknya.

Bila Google Sync tidak dapat di-install pada ponsel Anda, ada cara alternatif yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan Microsoft Outlook sebagai jembatan. Jadi Anda bisa meng-install Google Apps Sync di Microsoft Outlook dan melakukan sinkronisasi kontak ke Google. Kontak yang ada di Microsoft Outlook kemudian bisa disinkronisasi ke ponsel lain.

Mengapa Microsoft Outlook yang dipilih? Karena cukup banyak ponsel memiliki peranti yang dapat melakukan sinkronisasi dengan Microsoft Outlook. Google Apps Sync for Microsoft Outlook bisa diunduh di https://tools.google.com/dlpage/gappssync. Peranti lunak ini kompatibel dengan Microsoft Outlook 2003 hingga 2010 dan dapat berjalan di atas sistem operasi Windows XP hingga Windows 7.

Setelah instalasi Google Apps Sync for Microsoft Outlook berhasil, Anda akan diminta untuk login ke layanan Google dengan akun yang Anda miliki.

Hanya saja cara ini mensyaratkan Anda untuk terdaftar di layanan Google Apps for Business (http://www.google.com/apps/intl/en/business/index.html) yang tidak termasuk ke dalam layanan gratis Google, jadi Anda harus membayar sejumlah biaya tertentu untuk dapat menggunakannya.





( Sumber : http://www.infokomputer.com/software/backup-dan-restore-pada-ponsel-android/page-2 )