Cara Menjaga Komputer dari Bebas virus

Apakah PC Anda berjalan lebih lambat dari yang seharusnya? Apakah komputer anda secara teratur mendapatkan pesan Error? Jika benar, maka ada kemungkinan bahwa sistem Anda terinfeksi oleh virus. Ini adalah salah satu situasi utama yang dihadapi oleh hampir orang seluruh dunia. Ada banyak jenis virus, worm dan trojan yang akan mencemari dan merusak komputer Anda. Semua informasi dari komputer Anda akan mereproduksi duplikat khususnya. Di sisi lain ada banyak cara yang mana Anda akan dapat menjaga virus dan worm supaya jarak dari PC Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga komputer bebas virus.









1. Email adalah salah satu sumber paling umum di mana komputer Anda dengan dapat terinfeksi oleh virus. Its selalu disarankan untuk menghindar jauh dari SPAM. Cara terbaik adalah dengan membuka email yang diterima dari sumber yang terpercaya misalnya mereka yang berasal dari kontak Anda. Cara terbaik untuk mengurangi spam adalah dengan menggunakan filter email di email Anda. Jika Anda menggunakan email  seperti (berbeda dari yahoo, hotmail, gmail, dll) maka sangat dianjurkan bahwa untuk menggunakan perangkat lunak anti-spam yang baik. Kemudian lagi akhirnya jangan pernah klik pada link apapun yang datang dari asal yang tidak dipercaya.

2. USB/pen drive/flashdisk merupakan sumber rutin yang berbeda yang mana virus dapat menyebar dengan cepat. ide yang lebih baik adalah untuk men scan terlebih dahulu Pen Drive Anda melalui Anti Virus sebelum mengcopy data apapun ke komputer Anda. Anda tidak boleh double klik flashdisk untuk membukanya. bagusnya Anda dapat klik kanan pada flashdisk dan pilih opsi "mengeksplore". Ini adalah cara yang aman untuk membuka flashdisk. Cara lain adalah dengan menggunakan Software Keamanan Usb di komputer Anda, ketika Anda akan melampirkan flashdisk ke komputer Anda pertama kali akan menscan flashdisk dan juga mematikan autorun dari flashdisk.

3. Selalu berhati-hati tentang menggunakan MS outlook. MS outlook lebih rentan terhadap worm dibandingkan program email alternatif, kecuali anti virus anda bagus.

4. Kebanyakan dari kita menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan apa yang kita cari. Hal ini sangat umum untuk situs Web berbahaya untuk masuk dalam daftar hasil pencarian. Jadi untuk menghindari mengunjungi website mereka yang kita tidak dipercaya, Anda dapat mendownload dan menginstal AVG LinkScanner yang merupakan freeware. Alat ini sangat membantu dan akan mendorong Anda untuk tinggal jauh dari situs maliciouss. Anda juga dapat menggunakan firefox add-on seperti Dr.Web anti-virus link checker atau Viral Threat Level yang akan menscan file sebelum mendownload file.

5. Seperti kita ketahui, dunia Online berkomitmen sebagai sumber utama dari semua program berbahaya termasuk virus, worm, trojan, malware, dll Bahkan internet memberikan kontribusi hingga 80% dari infeksi virus. Jadi di sini ada tips aman berselancar web.
Jangan pernah mengklik pop-up yang mengumumkan tiba-tiba Anda atau laporan bahwa Anda telah memenangkan hadiah per jam. Mereka adalah program untuk menyesatkan pengguna Web dan Anda tidak boleh mempercayai mereka.
Anda juga dapat menggunakan pop-up blocker untuk secara otomatis memblokir pop-up.
Gunakan Mozilla firefox sebagai browser default Anda, karena memiliki berbagai add-ons yang dapat membantu Anda.
6. Cara tambahan untuk menjaga komputer bebas dari virus dengan menginstal program anti virus yang baik dan menjaganya agar tetap di update setiap bulan nya. Selain melakukan scan sistem lengkap berkala. Dianjurkan agar Anda mengaktifkan fitur update otomatis dari anti virus anda. Ini adalah hal yang paling penting untuk melindungi komputer Anda dari virus. Dalam hal keamanan PC adalah pilihan pertama Anda maka disarankan bahwa Anda harus pergi untuk mendownload software antivirus shareware yang gratis.

7. Juga menggunakan program Antispyware, yang beroperasi terhadap Internet, malware virus dan spyware.

8. Jangan membuka lampiran email yang berasal dari sumber yang tidak dipercaya. Terutama tergantung pada apakah itu adalah gambar, teks atau merekam suara (ini akhir lampiran dalam ekstensi seperti txt,.. Jpeg, gif,.. Bmp,. Tif,. Mp3,. Htm,. Html,. Avi, dan banyak lebih), supaya aman, lebih bagus men scan file Anda dari program anti virus sebelum membuka.

9. Membuat titik untuk tidak membuka setiap disk yang orang lain berikan kepada Anda, bahkan dari kerja. Disk dapat terinfeksi virus. Jelas, Anda dapat menjalankan anti virus di atasnya pertama untuk check it out. Its pilihan untuk mematikan autorun disk, pendrives. Sehingga untuk memastikan perlindungan yang lebih.

10. Meskipun Anda men-download dokumen dari situs-situs terpercaya/sumber untuk contoh torrents, dll pastikan Anda menjalankan scan virus sebelum mengeksekusi mereka.

12. Kemudian lagi pada akhirnya diusulkan untuk tidak mengunjungi halaman web yang khusus ilegal/tidak diinginkan contoh, serial, dll karena mereka memberi banyak dalam penyebaran virus dan program jahat yang berbeda.









sumber : http://www.chlizaceh.info/2012/06/cara-untuk-menjaga-komputer-bebas-dari.html#