Langkah Mudah Cara Membuat Browser Android Sendiri

Langkah Mudah Cara Membuat Browser Android Sendiri

Pastinya Anda telah mengenal beberapa browser untuk Android, seperti Opera Mini, Dholpin, Firefox, serta Skyfire. Beberapa browser ciptaan para developer tersebut telah menjadi sebuah web browser yang memiliki reputasi yang unggul dan tak perlu diragukan lagi dalam hal kualitas performanya. Namun, apakah Anda pernah berpikir untuk menciptakan sebuah web browser pribadi yang juga tak kalah mumpuni dibandingkan dengan beberapa web browser lainnya yang telah memiliki reputasi di antara para pengguna Android di seluruh dunia? Jika ya, maka Anda memiliki kesempatan untuk mewujudkan web browser ciptaan Anda sendiri tanpa harus membutuhkan skill atau kemampuan untuk menjadi seorang developer terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana cara membuat browser.



Sejatinya, Anda tidak benar-benar membuat browser Anda secara utuh dengan melakukan coding ini coding itu dan menemukan error dimana-mana jika Anda melakukan kesalahan syntax, di sini Anda hanya tinggal melakukan modifikasi terhadap web browser yang Anda gunakan, namun dengan tampilan yang benar benar berbeda dibandingkan dengan tampilan browser awal. Bahkan Anda bisa mengubah nama web browser tersebut tanpa harus menggunakn nama awal atau nama asli dari penyedia web browser tersebut.

Pastinya Anda penasaran bagaimana cara membuat browser semudah itu. Sebenarnya ini adalah salah satu fitur yang disediakan oleh salah satu web browser untuk Android yakni Maxthon yang memberikan Anda akses yang luas untuk memodifikasi web browser dari developer Maxthon, Anda bisa mengubah nama, mengubah bentuk hingga mengubah apa saja yang berada di dalam web browser tersebut sesuka Anda. Selain bisa mengubah nama pada web browser ini, Anda juga diberikan kebebesan lain seperti:

Memiliki ikon dari web browser Anda sendiri.

Memiliki homepage sesuai dengan homepage yang diinginkan.

Memiliki skin yang sesuai dengan selera Anda.

Memiliki spalsh screen yang Anda inginkan.

Meskipun Anda bisa melakukan modifikasi sana sini, namun engine browser dari web browser tersebut tetap berbasis pada Maxthon browser, namun diberikan personalisasi penuh.

Daripada menambah rasa penasaran Anda, lebih baik ikuti ulasan Paseban berikut tentang cara pembuatan web browser pribadi Anda.

Pertama tama Anda harus mengunjungi situs Maxthon Custom di sini. Nantinya pada halaman tersebut Anda akan menemukan form yang harus Anda isi, form tersebut berisi:

Pick a name for your browser

Pada form ini Anda harus mengisikan bakal calon nama pada web browser yang akan dibuat.

Upload a browser icon

Pada form ini Anda diminta untuk memasukkan logo atau ikon dari situs Anda sama seperti web browser lainnya yang memiliki ikon sendiri untuk menandai web browsernya. Anda bisa membuat ikon Anda sendiri menggunakan software tertentu atau Anda bisa menggunakan foto Anda namun tidak boleh lebih dari 50KB.

Set your browser’s homepage

Pada form ini Anda diminta untuk memasukkan halaman utama pada browser. Seperti ketika Anda pertama kali membuka web browser, pasti Anda akan menemukan halaman Google atau Yahoo sebagai halaman utama. Pada web browser Anda sendiri ini Anda bisa menentukan halaman utamanya, bisa menggunakan alamat email Anda atau mungkin halaman utama Paseban juga tidak ada salahnya agar Anda bisa mengetahui berita terkini yang di-update oleh Paseban. Setelah Anda menentukan halaman awal pada website, Anda bisa menyetelnya sebagai pengaturan umum atau default.

Select a theme/skin

Pada form ini Anda diminta untuk memilih tema pada web browser Anda yang telah disediakan pada menu drop down situs ini. Anda juga bisa melakukan preview atau pratinjau terlebih dahulu sebelum benar-benar memilihnya.

Upload your splash screen

Pada tahap ini Anda diminta untuk memasukkan gambar tampilan awal ketika web browser Anda sedang melakukan loading dalam membuka web browser Anda. File yang Anda masukkan tidak boleh lebih dari 500KB.

Please enter your email address

Masukkan email Anda. Hal ini wajib diisi untuk mengirimkan link download dari web browser pribadi Anda.

Setelah melakukan beberapa proses tadi langkah terakhir adalah mengklik tombol Create APK. Dan Anda tinggal menunggu web browser pribadi Anda tiba di email Anda. Selamat berkreasi menciptakan web browser pribadi Anda. [PY]




( sumber : http://portal.paseban.com/article/9063/cara-membuat-browser-android-sendiri )