* Kerjasama Nokia dengan Microsoft dalam Bisnis Ponsel *


Para pecinta ponsel Nokia sebentar lagi bisa merasakan kecanggihan ponsel Nokia ini dengan menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows Phone.Baru-baru ini Nokia memang telah secara resmi menyatakan untuk bekerjasama dengan Microsoft untuk meningkatkan pangsa pasar Nokia yang terus merosot.Hal seperti ini dilakukan juga untuk meningkatkan Image Nokia dalam dunia ponsel yang dianggap mempunyai harga mahal namun kemampuan ponsel masih biasa-biasa saja atau bahkan ada yang menganggapnya kalah jauh dengan kompetitornya seperti Blackberry dan Iphones.Dengan kolaborasi ini diharapkan nantinya Nokia kembali berjaya dan disukai oleh konsumen dan yang pasti produk Ponselnya bisa jauh lebih unggul dari kompetitornya.

Dikutip Omelin.com dari Cellular-news, Jumat (22/4/2011), keduanya mengonfirmasikan bahwa perjanjian yang lebih terperinci ini konsisten dengan pengumuman yang dibuat pada 11 Februari silam.Dalam kerjasama ini, tercantum juga kesepakatan harus adanya kontribusi dari keduanya dalam pengembangan sistem operasi yang baru. Dalam kesempatan ini, Nokia dan Microsoft juga mengumumkan adanya kemajuan signifikan dalam pengembangan ponsel pertama Nokia yang berbasis Windows Phone.

Nokia juga mulai mengembangkan aplikasi dan layanan yang bisa beroperasi di perangkat Windows Phone, serta mulai merangkul para pengembang aplikasi. Diharapkan pada 2012, keduanya sudah mulai mengapalkan ponsel Nokia Windows Phone. Seperti yang sudah pernah diumumkan sebelumnya, dalam kerjasama ini Nokia akan menyediakan layanan peta dan navigasi miliknya bagi Microsoft. Sementara itu, mesin pencarian Bing milik Microsoft akan otomatis terpasang di smartphone Nokia. Nokia juga akan memperbarui Ovi Storenya untuk memungkinkan Nokia memanfaatkan infrastruktur Windows Marketplace. Dengan kerja sama ini pula, Nokia mulai merajut kembali asanya untuk membangun kerajaan bisnis ponsel bersama Microsoft.




( Sumber : http://bacakata.com/kerjasama-nokia-dengan-microsoft-dalam-bisnis-ponsel.html)